Rabu, 25 September 2013

7 Mitos Pada Tokek

Primbon-arti.blogspot.comlagi - Interaksi manusia dengan hewan sejak jaman nenek moyang bukan sekadar rantai makanan. Ada jenis hewan tertentu yang dipandang punya keistimewaan, sehingga melahirkan mitos yang dipercaya turun-temurun.

Masih ingat dengan mitos 7 hewan penanda kedatangan mahluk halus? Salah satunya disebutkan tentang tokek. Reptil yang belakangan diburu kolektor dengan harga tinggi ini, dipercaya dengan berbagai mitos. Misalnya, jangan sampai tergigit karena kita harus menunggu sampai mendengar petir baru bisa lepas. Repotnya kalau kita digigit musim kemarau panjang, masak sih harus menunggu berbulan-bulan sampai hujan datang?



Apa saja mitos yang beredar di masyarakat?

Mitos 1 : Tokek adalah salah satu binatang yang mengetahui kejadian yang akan datang pada diri manusia.

Banyak orang yang mencoba keberuntungan dengan bertanya pada tokek saat tokek itu berbunyi. seperti kaya, naik jabatan, putus atau sampai nikah sekalipun.

Mitos 2 : Tokek dianggap sebagai hewan pembawa keberuntungan.

banyak orang yang mengganggap tokek adalah hewan pembawa keberuntungan, adapun ciri-ciri yang dipercayai oleh masyarakat yaitu tokek yang berbunyi ganjil, tokek yang memiliki buntut bercabang menghadap ke langit, dll.

Mitos 3 : Tokek Dianggap Dapat menyembuhkan AIDS

Akhir akhir ini santer dikabarkan bahwa tokek dapat meyembuhkan aids. sebagian orang percaya salah satu dari air liur, lidah ato bahkan darahnya dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat mengobati pernyakit AIDS, walaupun sampai saat ini belum ada instansi manapun yang mengeluarkan statement bahwa tokek dapat menyembuhkan AIDS. setidaknya ada beberapa orang yang tiba2 menjadi milioner akibar menjual toke dengan harga miliaran.

Mitos 4 : Tokek Adalah Hewan Keturunan Naga

Beberapa orang di negara jepang percaya bahwa tokek adalah hewan titisan naga. oleh sebab itu beberapa orang disana sangat menganggap bahwa toke adalah hewan yang sakral.

Mitos 5 : Tokek dengan berat 3 Ons atau lebih pasti sudah ada penunggunya.

Tokek dengan berat diatas 3 ons keatas dipercaya telah memiliki khodam (penunggu), sehingga toke akan terlihat sangat besar dan berbanding terbalik dengan berat aslinya. sehingga toke yang terlihat besar akan ringan ketika ditimbang karena khodamnya pergi saat ditimbang

Mitos 6 : Tokek Dianggap Hewan Penolak Bala

Banyak orang dipedalaman bahwa tokek adalah hewan yang memiliki kekuatan gaib, katanya rumah yang tinggali oleh tokek, maka rumah tersebut dapat menolak bala, semakin besar ukuran tokek maka semakin besar pula kekuatannya.

Mitos 7: Sekali Digigit Tokek Tidak Akan dilepas hingga ada suara Petir Menyambar

Faktanya, Gigitan tokek bisa dilepas dengan cara mengganti tangan kita dengan bahan yang empuk atau dengan ranting pohon.


Seorang pemburu tokek di Probolinggo, Jawa Timur memberi tips. Bila satu bagian tubuh kita tergigit, maka sentil atau pukul bagian kaki dan perut tokek. Cukup 1 - 2 menit si tokek akan melepas gigitannya.

Artikel Terkait

23 komentar

cara merawat toke gimana min..

cara merawat toke gimana min..

Apa arti tokek di dlm rmh?.

Buat yg punya tokek uk/ min 44cm callme 083814567891 "serius"di beli harga tinggi

Ini bang ada tokek gede sih
Tp gk tau ukuran brapa

Dirumah ku ada tokek besar, pnjg sekitar 70 cm

q nduwe buntute cabang,,,,, koen wani piroo,,,,!!
Inbox ae lek wanii

q nduwe buntute cabang,,,,, koen wani piroo,,,,!!
Inbox ae lek wanii

Biar aja tokek hidup dirumah kan gak mengganggu

dirumahku dulu ada tokek dan selalu bunyi, trs sama adiku dibunuh dan dibuang kesungai, selang beberapa bulan muncul lagi tokek sama adiku mau dibunuh lagi tapi ada seorang kakek yg berjenggot putih sebatas dada dan berkata jangan bunuh tokek itu dia tdk menggagnggu, dia menunggu rumah ini, trs sama adiku dibiarkan sampai sekarang msh ada,

dulu rmh saya kosong, skrg ditmpati orang, semenjak ditempati orang tokeknya tdk mau bunyi cuma menyelinap dibelakang almari

Ga ganggu tpi Tai ny bersepah dikmr adikku

sdh seminggu ini di rmhku ada tokek. saya penasaran gimana cara suoaya bs liat, tapi smpe detik ini lom liat, cuma denger suaranya doang. yg jelas sehari setelah kedatangan tokek di rmh, saya dapat bantuan dr temen, krn posisi sy baru dalam keadaan kritis keuangan. saya prcaya, tokek membawa keberuntubgan. semoga ke depan rejeki tambah lancarrrrrrrrrr

gimana cara menangkap tokek ya....

Apa arti mimpi kejatuhan tokek

Apa arti mimpi kejatuhan tokek

aku punya nih tokek siapa yang berminat????tadinya cuman denger suaranya aja sekarang sudah menampakkan keberadaannya/


EmoticonEmoticon