Fosil Hewan Misterius Ditemukan dengan Cakar Mirip Gunting

detail berita


Peneliti asal Inggris menemukan fosil hewan laut purba yang memiliki cakar mirip gunting. Disebut-sebut fosil Edward Scissorhands (film layar lebar di 1990 yang dibintangi Johnny Depp), bentuk fosil tersebut persis objek pemotong atau gunting.

Dilansir Discovery, Selasa (21/5/2013), fosil spesies baru yang peneliti namakan Kooteninchela Deppi, yang diambil untuk menghormati bintang film Johnny Depp ini ditemukan di lembah Stanley Glacier, Kootenay National Park, British Columbia. Peneliti meyakini fosil hewan laut ini berusia sekira 505 juta tahun.

Fosil ini kabarnya dipamerkan di sebuah taman nasional di Kanada. "Ketika saya pertama kali melihat sepasang cakar dalam catatan fosil spesies ini, saya tidak memikirkan apapun kecuali mengingat Edward Scissorhands," peneliti David Legg yang menemukan fosil tersebut.

Legg yang melaporkan temuannya dalam Journal of Palaeontology mengungkap bahwa Kooteninchela Deppi ini merupakan nenek moyang lobster dan kalajengking. Hewan masa lampau ini diyakini hidup di laut sekira 270 juta tahun sebelum era dinosaurus.

Kooteninchela Deppi memiliki cakar memanjang kurang dari dua inci, tubuh yang tersegmentasi, serta mirip kaki seribu. Mata hewan ini memiliki mata majemuk besar mirip seekor lalat.

Menurut Legg, cakar besar dan duri panjang yang dimiliki hewan ini bisa membantu untuk menangkap mangsa atau menjelajahi dasar laut. Kooteninchela deppi bisa membantu peneliti untuk memahami lebih lanjut tentang kehidupan di Bumi selama periode Kambrium, ketika hampir semua jenis-jenis binatang modern muncul. 


Sumber : Okezone.com

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter