PIDATO VISI DAN MISI PILKADES



PIDATO SINGKAT VISI DAN MISI
CALON KEPALA DESA





Berikut ini adalah beberapa contoh Pidato dalam PILKADES, yang kami kutip dari berbagai kesempatan. Mungkin belum sempurna namun seperti inilah bahasa dan kalimat-kalimat yang sering didengungkan oleh mereka-mereka yang akan mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa.


Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Alhamdulillah ....

YTH
: Bapak Camat ... / Yang Mewakili

: Bapak Kapolsek ... / Yang Mewakili

: Bapak Danramil ... / Yang Mewakili

: Bapak KPU Kecamatan ... / Kabupaten

: Panwas Kecamatan ... / Kabupaten

: Panitia Pemilihan Kepala Desa ...

: Tamu Undangan

: Warga Masyarakat Desa ... Yang Kami Banggakan

Pertama-tama kami panjatkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang maha Esa, karena atas taufiq dan hidayah_Nya, kami dapat berada di Panggung Kehormatan Pemilihan Kepala Desa ... dalam keadaan sehat wal afiat.

Syukur Alhamdulillah, kami panjatkan pula bahwasanya sampai detik ini dan hari ini kami masih mendapatkan kesempatan dan kepercayaan berada di tengah-tengah warga masyarakat desa ... untuk melaksanakan amanat warga masyarakat desa ... menjadi Calon Kepala Desa dalam Pemilihan Kepala Desa Secara langsung, Umum, Bebas dan Rahasia.

Kami percaya bahwa keberhasilan kami maju dalam Pemilihan Calon Kepala Desa karena dorongan dan motivasi warga Masyarakat Desa ... dengan penuh harapan dan keikhlasan yang tinggi. Tentu hal ini akan membuat penghargaan tersendiri kepada seluruh warga masyarakat Desa ... yang menentukan pilihan kepada kami agar kelak dapat membangun desa yang tercinta ini.

Adapun Visi kami apabila Tuhan memberikan kesempatan untuk memimpin Desa ... adalah : Mengemban Amanah, Berjuang Untuk Rakyat Menuju Kebersamaan Membangun Masyarakat Desa yang maju dan Makmur Dalam Lintas Sektor Fisik dan Non Fisik.

Misi kami adalah :

1.
Meningkatkan Sektor Pertanian Untuk Kemakmuran rakyat
2.
Meningkatkan Partisipasi Kesempatan Berpendidikan Usia Sekolah dari 50 % menjadi 99 %
3.
Memberikan rasa aman kepada warga masyarakat desa ...
4.
Meningkatkan Sektor Pembangunan Fisik di bidang pemberdayaan lintas ekonomi dengan perbaikan jalan-jalan antar desa yang belum tersentuh pengaspalan.
5.
Menyalurkan berbagai bantuan pemerintah untuk kesejahteraan warga masyarakat sebagaimana mestinya.
6.
Tetap menjaga Pemerintahan Desa ... yang bersih dan berwibawa dari berbagai penyelewengan Anggaran dan mengganti anggota-anggota yang korup.
7.
Menggali Potensi Alam Untuk Kemakmuran Rakyat
8.
Tetap amanah dalam mengalokasikan berbagai bantuan dari pemerintah / swasta untuk kesejahteraan warga desa ...

Demikian Visi dan Misi kami. Semoga Tuhan Yang Maha Esa Mengabulkan Visi Dan Misi Kami sebagai do’a yang akan didukung oleh seluruh warga masyarakat desa ... dengan MEMILIH KAMI dengan mencoblos Tanda gambar ...

Demikian pidato Visi dan Misi kami. Segala perhatian dan dorongannya kami sampaikan terima kasih.

Terima kasih Warga Desa ... sekali lagi COBLOS TANDA GAMBAR ...
Untuk membuktikan Visi dan Misi Kami

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Kedua

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Alhamdulillah ....

YTH
: Bapak Camat ... / Yang Mewakili

: Bapak Kapolsek ... / Yang Mewakili

: Bapak Danramil ... / Yang Mewakili

: KPU Kecamatan ... / Kabupaten

: Panwas Kecamatan ... / Kabupaten

: Panitia Pemilihan Kepala Desa ...

: Tamu Undangan

: Warga Masyarakat Desa ... Yang Kami Banggakan

Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, dan Puji syukur Kehadirat Allah swt, bahwa Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa sebagai Pesta Demokrasi yang Langsung, Umum, Bebas dan rahasia dapat terlaksana dengan tanpa halangan satu apa pun.

Selanjutnya kesempatan kami berada di Panggung Kehormatan Pemilihan Kepala Desa ... tidak lain karena perhatian dan dorongan semangat seluruh Warga Desa ... untuk sebuah harapan dan masa depan Desa yang tercinta ini.

Keberadaan kami dalam hiruk pikuknya semangat menentukan satu Pemimpin untuk desa yang tercinta ini akan sangat berharga bagi kami, apabila pilihan Warga Masyarakat Desa ... Tertuju Pada kami, dengan Mencoblos  Lambang Tanda Gambar ... pada urutan Nomor ... dengan penuh keyakinan, optimis tanpa tergoda apa pun.

Visi Kami adalah : ....
Misi Kami antara lain ....

Insya Allah seluruh perhatian dan kasih sayang Warga Desa ... yang telah ikhlas memilih kami kelak akan kami kembalikan perhatian yang sama untuk melaksanakan Visi dan Misi kami. Dukunglah Kami, Do’akan Kami Dan Tentukan Pilihan Pada Kami.

Demikian pidato Visi dan Misi kami. Segala perhatian dan dorongannya kami sampaikan terima kasih.

Terima kasih Warga Desa ... sekali lagi COBLOS TANDA GAMBAR ...
Untuk membuktikan Visi dan Misi Kami

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Ketiga

PIDATO SINGKAT CALON KADES TERPILIH


Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah swt, bahwasanya pelaksanaan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa telah selesai dengan hasil Pemilihan yang sukses.

Kepada Warga masyarakat Desa ... Yang Kami Hormati

Baru saja kita dengarkan bersama-sama bahwa Penghitungan Hasil Suara telah menentukan satu Pilihan Pemimpin untuk melanjutkan harapan Warga Desa dalam berbagai Rencana Pembangunan.

Tentu kita menyadari bahwa dalam pelaksanaan Pemilihan untuk menentukan satu Pimpinan terkadang ada yang kalah dan ada yang menang. Kalah dan menang bukan tujuan akhir, karena Pengabdian Kepada Masyarakat tidak membedakan kalah atau menang. Inilah demokrasi Warga masyarakat Desa ... yang harus kita junjung tinggi

Terima kasih sekali lagi kepada Warga Masyarakat Desa ... yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk bersatu melanjutkan Kepemimpinan Desa. baik yang menentukan pilihan kepada kami maupun yang tidak memilih kami sebagai kepala Desa. Kami tidak akan membedakan, Kami tidak akan mengecualikan,  Pelayanan terhadap warga adalah kewajiban kami, kami tidak akan memprioritaskan karena semua warga Desa ... adalah Penduduk Warga Kami yang harus kami layani, lindungi dari berbagai keamanan. Mari kita lanjutkan Pembangunan untuk kemajuan Desa kita dengan saling bahu membahu, tidak ada dendam, tidak ada kekecewaan. Marilah hari ini kita rapatkan barisan untuk semakin mempererat tali persaudaraan, karena kami yakin dalam kehidupan ini harus ada yang memipin dan dipimpin.

Terima kasih dan minta ma’af pula kepada sahabat-sahabat kami yang duduk berjajar bersama kami, yang telah bersama-sama memiliki niat baik untuk membangun Desa ... tercinta ini, tidak ada istilah kalah dan menang karena inilah harapan rakyat. Sekali lagi kami mohon agar tetap beriringan bersama kami karena semua yang baru saja terjadi adalah kehendak rakyat dan kuasa rakyat.

Demikian sambutan kami. Atas perhatian dan kepercayaan Warga masyarakat Desa ... kami haturkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Lain

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Kepada Warga masyarakat Desa ... Yang Kami Hormati

Dengan ucapan Syukur Alhamdulillah kita telah menyaksikan bersama-sama proses penghitungan suara di puncak dari semua penantian, dengan proses penghitungan yang jujur disaksikan oleh yang hadir di disini.

Rasa haru sedang kami rasakan, ketika Panitia menyampaikan di depan Warga Desa ... bahwa perolehan suara unggul telah ditetapkan atas nama kami.

Sukses yang baru saja kita saksikan bersama-sama tidak lain karena dukungan dan suport Warga Desa ... yang telah menaruh perhatian besar dalam menempatkan kami maju dalam Pilkades.

Terima kasih ... Terima kasih ... Terima kasih ... kepada Warga Masyarakat Desa ... yang telah memberikan dukungan penuh dalam perolehan suara

Inilah perhatian ... inilah kebersamaan ... inilah akhir dari puncak demokrasi Warga Desa ... yang telah memberikan semangat kami dalam membangun Desa tercinta ini di hari-hari berikutnya.

Akhirnya marilah kita bersatu padu menyongsong hari baru setelah pesta demokrasi ini berakhir

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Keempat

SOSIALISASI CALON KADES

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Alhamdulillah ....

YTH
: Bapak Ketua RT / RW

: Alim Ulama Dan Tokoh Masyarakat

: Sahabat-sahabat kami Tim Sukses

: Simpatisan Warga RT / RW

Pertama-tama kami panjatkan Puji Syukur Kehadirat Allah swt, karena pada malam hari ini, kami dapat bersama-sama duduk sejajar bersillaturrahmi dengan Warga ... dalam suasana penuh keakraban dan persaudaraan.

Terima kasih pula kami sampaikan kepada Ahlul Bait, yang telah mempersiapkan dan menyediakan tempat dengan berbagai “ Pasugatan “ yang sangat istimewa, sehingga kehadiran kami beserta Bapak / Ibu. Sdr. Sdri. diharapkan akan memiliki arti penting dalam membangun persaudaraan dan kebersamaan di kemudian hari.

Hadirin Warga RT / RW Desa ... Yang Kami Hormati

Seperti telah disampaikan oleh beliau Bapak / Ibu ... bahwa maksud kehadiran kami di tengah-tengah majlis ini adalah dalam rangka melakukan Ta’aruf atau perkenalan / memperkenalkan sosok wujud kami sebagai Warga Masyarakat Desa ... yang insya Allah akan mencalonkan sebagai Kepala Desa Dalam Periode ... / ... mendatang.

Untuk maksud-maksud inilah kami merasa perlu untuk melakukan sillaturrahmi dan pendekatan kepada semua warga dan lapisan masyarakat desa ... dengan harapan Pencalonan kami ini di dengar, didorong bahkan dido’akan dengan dukungan yang maksimal.

Beberapa Visi dan Misi kami dalam pencalonan Kepala Desa, yang insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal ... diharapkan akan direspon terutama oleh Warga masyarakat RT / RW dengan dukungan dan perjuangan dari berbagai lapisan masyarakat Desa ...

Kami menyadari bahwa keberadaan dan sosok kami bukanlah orang yang memiliki kelebihan dan keunggulan. Hal ini tentu menjadi perlambang sebuah kehidupan bahwa masing-masing dari kita lahir dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, yang tidak membatasi manusia untuk berkiprah dalam segala hal dan kesempatan.

Kami percaya bahwa, saya bukanlah orang pertama yang sengaja bersillaturahim dengan hadirin sekalian. Barangkali sebelum kami telah ada orang lain yang memiliki niat yang sama dalam Pencalonan Kepala Desa. Bagi kami inilah Demokrasi yang harus kita hormati dan junjung tinggi.

Secara jujur kami tidak bermaksud memaksakan kehendak, sebab masing-masing harus menghargai Hak Azazi setiap Warga masyarakat Desa ... meskipun nurani kami mengharapkan perhatian yang lebih dari sekedar memilih kami diantara calon yang lain. Bagi kami harapan adalah bekal kami di dalam melanjutkan harapan Warga masyarakat Desa ... apabila semua warga di RT / RW menjatuhkan simpati dan dukungan terhadap kami.

Kami yakin bahwa setiap Calon Kepala Desa, memiliki Program dan bahkan Kontrak Politik sebagai wujud keseriusan dirinya maju dalam Pemilihan Kepala Desa. Dan hal tersebut bukan lagi sebuah rahasia, sebab hal itu berhubungan dengan Visi dan Misi calon seorang pemimpin.

Pada saat hadirin yakin bahwa kehadiran kami membawa misi yang serupa, maka kami tidak bermaksud membuat misi program tandingan karena semua misi yang diusung semua calon bertujuan baik. Kami berharap bahwa misi atau pun kontrak politik dan kesepahaman hendaknya tidak menghalangi kami di dalam memperkenalkan Program-Program kami ketika kami berhasil menjadi Kepala Desa.

Berbagai harapan rakyat akan kami tampung, sebagai sumber aspirasi yang sangat berharga manakala kami dapat lolos terpilih menjadi Kepala Desa. Hal tersebut bukan semata-mata janji, sebab kami yakin pada saat-saat sekarang kami sangat maklum dan memahami, apabila semua hadirin yang ada di majlis ini menganggap bahwa janji hanya isapan jempol untuk meraih suara semata.

Apa pun yang ada dalam benak hati saudara-saudara, setidaknya menjadi pertimbangan bahwa niat baik kami berawal dari bawah untuk mendengar dan memperjuangkan Warga masyarakat Desa ... baik dalam bidang Ekonomi, Pendidikan, Budaya serta peningkatan pembangunan yang lain.

Untuk melihat dan mendengar lebih jauh tentang berbagai Visi dan Misi kami terutama yang berhubungan dengan Program Kepemimpinan dan Kontrak Politik di dalam memantapkan harapan kami Mencalonkan Menjadi Kepala Desa .. , maka dalam Forum ini pula akan dibuka Tukar kawruh dan Gagas Program dalam Ruang Tanya Jawab, dalam susunan pertemuan setelah ini.

Penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh Warga RT / RW yang telah memberikan perhatian penuh untuk maksud dan tujuan kami. Insya Allah setelah pertemuan ini besok atau lusa kami merasa perlu untuk mendirikan POSKO KEMENANGAN  di wilayah RT / RW, karena kami merasa mendapat perhatian lebih dan memudahkan komunikasi yang membangun hingga pada akhir menjelang Pemilihan.

Sekali lagi kami minta ma’af dalam sambutan pengantar Sosialisasi Visi dan Misi kami. Kami sangat berterima kasih apabila kebersamaan ini terus terjaga sampai di hari Pencoblosan nanti dengan tetap menancapkan tajamnya paku di atas lambang tanda gambar kami, tanpa ragu maupun terombang ambing karena hilangnya keyakinan yang mantap.

Atas perhatian serta kehadiran bapak/Ibu/Sdr./Sdri. Kami sampaikan terima kasih.

Billahittaufiq Wal Hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Kelima

PIDATO SINGKAT KETUA PANITIA PILKADES
PENGANTAR PEMUNGUTAN SUARA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah ...

YTH
: Bapak Camat ... / Yang Mewakili

: Saudara-saudara Calon Kepala Desa

: Bapak Kapolsek ... / Yang Mewakili

: Bapak Danramil ... / Yang Mewakili

: KETUA  KPU Kecamatan ... / Kabupaten

: Panwas Kecamatan

: Rekan-Rekan Panitia Pemilihan Kepala Desa ...

: Tamu Undangan

: Warga Masyarakat Desa ... Yang Kami Banggakan

Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt atas limpahan taufiq dan hidayah_Nya, sehingga pada pagi hari ini kita bersama-sama dapat berkumpul dalam satu waktu, untuk menghadiri undangan kami untuk memilih dan menentukan Calon Kepala Desa untuk periode lima tahun yang akan datang.

Penyelenggaraan kegiatan Pemilihan Kepala Desa ini didasarkan atas SK Bupati Nomor : ... tentang waktu dan pelaksanaan Kegiatan Pemilihan Kepala Desa Jatuh pada tanggal ...

Dari berbagai persiapan Pemerintah Desa antara lain terbentuknya Kepanitiaan, Perencanaan Program Kerja Panitia hingga pendataan jumlah penduduk yang telah syah menjadi pemilih telah kami lakukan dengan sangat teliti dan penuh kehati-hatian.

Untuk menghindari kesalahan yang muncul akibat berbagai penyimpangan data, maka kami telah menerbitkan Daftar Pemilih Sementara sebelum masuk Daftar Pemilih Tetap di wilayah RT/RW Desa ...

Dan alhamdulillah Daftar Pemilih Tetap pada pemilihan Kepala Desa Tahun ... berjumlah ... Jiwa Pemilih. Kami berharap kepada semua Warga masyarakat Desa ... yang telah mendapatkan Surat Undangan agar hadir memberikan suara diantara keempat Bakal calon dengan urut-urutan sebagai berikut :

Nomor Urut Calon 1 atas nama Bapak ... Dengan Lambang PADI
Nomor Urut Calon 2 atas nama Ibu ........ Dengan Lambang JAGUNG
Nomor Urut Calon 3 atas nama  Bapak .. Dengan Lambang KETELA
Nomor Urut Calon 4 atas nama Bapak ... Dengan Lambang KACANG

Tentukan satu pilihan untuk kepemimpinan Desa, dengan mencoblos tanda gambar Calon Kepala Desa sesuai hati nurani, karena pilihan saudara-saudara sangat berharga dalam menentukan nasib Desa kita selanjutnya.

Dalam penyelenggaraan kegiatan Kepala Desa ini, kami berharap agar semua Warga Desa ... tetap menjaga ketertiban, keamanan dan tidak terpancing dengan suhu politik warga hingga penyelenggaraan ini selesai.

Perlu kami sampaikan bahwa Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Kepala Desa sesuai dengan Juknis akan ditutup tepat pukul 14. 00 WIB. Apabila terdapat warga hadir sesudah waktu yang kami tentukan habis maka pihak Panitia tidak akan melayani, karena kami harus melaksanakan penyelenggaraan kegiatan ini dengan penuh disiplin dan tanggungjawab sebagaimana sumpah yang telah kami ikrarkan.

Hadirin Warga Masyarakat Desa ... yang kami Hormati

Inilah demokrasi. Setiap warga masyarakat memiliki hak dan meyakini terhadap siapa pilihan tersebut akan diberikan. Kalah dan menang adalah bukti partisipasi Demokrasi Rakyat, karena Warga Masyarakatlah yang memiliki Kehendak untuk menetukan satu pimpinan terpilih.

Kepada Yang Terhormat Keempat calon yang sekarang duduk sejajar dalam Panggung Kehormatan, agar menerima dengan lapang dada apa pun hasilnya, damai dan bermartabat karena kami yakin diantara saudara-saudara senantiasa mengharapkan untuk  mendapatkan perolehan suara terbanyak.

Kepada Calon Terpilih dengan perolehan suara terbanyak, kami Panitia berharap agar tiidak berbangga hati, dan merasa yang terbaik diantara yang lain, karena kami percaya saudara-saudara telah melakukan ikhtiar dan perjuangan yang panjang. Kemenangan adalah amanat yang harus dilaksanakan untuk membawa dan mewujudkan aspirasi rakyat.

Kepada saudara-saudara yang belum mendapatkan kesempatan untuk memimpin Masyarakat Desa ... kami berharap untuk tetap legowo bersatu menjalin kebersamaan dalam membangun Desa tercinta ini.

Demikian sambutan singkat Pembukaan Pemilihan Kepala Desa ... Tahun ... untuk lima tahun yang akan datang. Selamat memilih, Selamat Menetukan Satu Pilihan diantara keempat Bakal Calon Untuk Melanjutkan perjuangan Desa kita.

Atas segala kekurangan dan kekhilafan kami minta ma’af yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Keenam

PIDATO KETUA PANITIA PILKADES
PENGANTAR PERHITUNGAN KARTU SUARA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah ...

Yang Terhormat Keempat Calon Kepala Desa ...
Yang Terhormat Warga masyarakat Desa ...
Rekan-Rekan Panitia
Seluruh Tamu Undangan

Alhamdulillah Penyelenggaraan Pemungutan Suara Pilihan Kepala Desa ... telah berakhir tepat pada Pukul. 13. 00 WIB. Tiba waktunya tanggungjawab panitia selanjutnya adalah melakukan penghitungan Kartu Suara.

Berdasarkan data terakhir jumlah Partisipasi Warga masyarakat Desa ... yang hadir memberikan suara adalah berjumlah ... jiwa dari jumlah jiwa yang terdaftar yaitu berjumlah ... jiwa.  Perlu kami sampaikan bahwa jumlah pemilih hadir yang berhasil kami cantumkan adalah jumlah hitung cepat sehingga kami akan terus melakukan penghitungan ulang agar perhitungan sesuai dengan Jumlah Kartu Suara yang ada. Kami minta kerjasama dengan semua Saksi dari masing-masing Calon untuk melakukan ketepatan hitungan agar penghitungan Kartu Suara nanti terbebas dari tuduhan manipulasi, sehingga pada akhirnya terdapat kesepahaman dan saling menerima.

Kepada seluruh Panitia agar mempersiapkan segala sesuatu yang mendukung percepatan penghitungan ini. Dan kepada para saksi yang yang telah terdaftar dalam administrasi Kepanitiaan agar menempatkan diri sesuai dengan tempat yang telah ditentukan.

Harapan kami terhadap Warga Masyarakat Desa ... maupun Warga Dusun lain yang hadir menyaksikan Penyelenggaraan pemilihan Desa ... agar dapat ikut menjaga ketertiban, keamanan dalam pelaksanaan Penghitungan nanti.

Demikian pengantar pidato kami dalam mengawali pelaksanaan penghitungan Kartu Suara. Atas kerjasama dari semua pihak marilah kita awali penghitungan Kartu Suara Pertama dengan bacaan Bismilah.

Dalam melanjutkan penghitungan kartu suara yang sedang berjalan ini kami akhiri sambutan ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Ketujuh

SAMBUTAN SINGKAT CALON KEPALA DESA
DIHADAPAN TIM SUKSESNYA


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah ...

YTH
: Bapak / Ibu Sdr. Sdri. Tim Sukses Pendukung Kami

: Perwakilan Pendukung Dari Beberapa Kampung

: Keluarga dan Sahabat-sahabat Kami

Puji syukur kami sampaikan atas limpahan taufiq dan hidayah_Nya, sehingga pada malam hari ini, kami dapat bertatap muka dengan saudara-saudara dalam “Rempug Pendapat” mengenai diri kami yang insya Allah berkehendak akan maju dalam Pencalonan Kepala Desa.

Dalam mendukung niat dan harapan ini, kami sengaja mengundang saudara-saudara untuk suport tukar pendapat dan bimbingan yang bersifat positif sehingga kami beserta keluarga memiliki kesungguhan di dalam meyakinkan diri kami sendiri serta perhatian saudara-saudara kita di setiap pelosok kampung desa kita.

Untuk maksud-maksud itulah kami merasa berterima kasih kepada seluruh hadirin, yang telah menyempatkan hadir atas undangan kami beserta keluarga dan kerabat–kerabat kami. Kami beserta keluarga sebelumnya tidak pernah menduga jika undangan kami akan mendapatkan perhatian yang lebih. Persiapan pun barangkali belum menggembirakan hati untuk penghormatan saudara-saudara. Untuk itulah kami sekeluarga minta ma’af atas segala kekurangan penghormatan kami, dan mengucapkan terima kasih atas kasih sayang yang telah ditunjukkan untuk harapan dan niat kami ini.

Selanjutnya seperti apa yang telah kami sampaikan dimuka, bahwa untuk menuju pada pencalonan Kepala Desa ada berbagai hal yang telah kami persiapkan, mulai dari persyaratan hingga kebutuhan-kebutuhan lain yang menyangkut berbagai hal. Untuk masalah persyaratan yang bersifat administrasi insya Allah tidak terkendala. Sedangkan keluarga sepertinya memberikan lampu hijau serta dukungan yang positif.

Namun demikian apalah artinya bagi kami dan keluarga kami, apabila niat baik ini tidak di dukung dan mendapat simpati dari tetangga-tetangga sebelah. Untuk itulah mohon setelah sambutan keluarga ini selesai nanti dilanjutkan untuk musyawarah tentang strategi menuju pada harapan terwujudnya cita-cita kami.

Dalam tahap awal penyampaian harapan ini, memang sengaja kami mengundang orang-orang yang kami yakin sahabat kami dan belum diundang oleh calon lain, sehingga jumlah yang hadir pun terbatas. Sedangkan beberapa hal menyangkut tentang beberapa strategi, semalam kami beserta keluarga telah melakukan musyawarah kecil yang mungkin menjadi harapan dalam forum ini, diantaranya adalah

1.
Kami berharap bahwa yang hadir pada malam ini akan bertambah pada hari berikutnya karena peran saudara-saudara dalam membantu kami memiliki makna penting dalam penyampaian informasi tentang kami kepada masyarakat dan tetangga.
2.
Dalam program jangka pendek kami beserta keluarga dan bantuan saudara-saudara akan berniat melaksanakan do’a bersama sampai menjelang dilaksanakan pemilihan.
3.
Berkaitan misi pencalonan kami, mohon kepada saudara-saudara untuk melakukan koreksi dan tukar kaweruh, apabila misi kami kelak menuai kontra dengan niat baik kami.
4.
Kami mohon setelah ini juga nanti musyawarah diarahkan, bagaimana menyusun peta kemenangan dengan penempatan pembagian tugas di masing-masing wilayah RT/RW.
5.
Kami berharap bahwa Tim Sukses yang akan dibentuk pada saat ini agar bekerja secara ramah agar perhatian masyarakat berakibat baik terhadap kami dan keluarga.
6.
Apabila Tim Pemenangan telah terbentuk di masing-masing RT/RW, kami mohon agar segera dibuat Posko Kemenangan, sebagai tempat berbagai informasi. Kami berencana akan menyediakan berbagai kebutuhan yang menyangkut konsumsi untuk yang senantiasa menjaga wilayah basis pada malam hari.
7.
Dalam waktu dekat kami berniat akan menghadiri organisasi kemasyarakatan yang ada di wilayah desa kita untuk sosialisasi dan ta’aruf. Untuk itu kami mohon saudara-saudara bersedia untuk membantu dalam perizinan dan pemberitahuan agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan simpatisan kandidat lain
8.
Untuk mencapai dan menguasai wilayah basis di RT/RW tertentu memang menjadi kendala sendiri, karena masing-masing dari Tim Sukses dari Calon lain sudah sedemikian rumit dan ketat, karena di masing-masing wilayah pasti telah menempatkan orang-orang kepercayaan, sehingga diharapkan Tim Sukses yang akan terbentuk ini untuk mencari informasi yang sebanyak-banyaknya dan untuk tidak gegabah menabur kampanye secara serampangan.
9.
Kami juga mohon informasi tentang tempat-tempat yang strategis sebagai media kampanye dalam pemasangan gambar. Kami juga tidak ingin ada gambar-gambar atau pamflet-pamflet dipasang di lingkungan masjid maupun gereja, karena hal itu akan mengurangi kekusyu’an dalam beribadah, maupun di kantor-kantor pemerintahan.



Demikian beberapa hal yang menyangkut maksud dan harapan kami. Sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih atas segala masukan pendapat dan suport yang positif, agar harapan kami mendapat simpatik dan dukungan masyarakat kelak.

Mohon kepada saudara ... setelah sambutan kami selesai untuk melanjutkan dan memimpin musyawarah agar di hari lain dapat dilanjutkan sengan berbagai informasi dan strategi.

Kurang lebihnya minta.

Billahittaufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Kedelapan

SAMBUTAN SINGKAT TIM SUKSES
DIHADAPAN TIMNYA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah ...

YTH
: Bapak / Ibu Sdr. Sdri. Tim Sukses

: Perwakilan Pendukung Dari Beberapa Kampung

: Keluarga dan Sahabat-sahabat Kami

Alhamdulillah pada kesempatan saat ini, dapat bertemu kembali untuk melakukan konsolidasi tentang strategi merekrut calon pemilih Calon Kades Desa ... yakni Beliau Bapak ... dan telah lolos maju dalam Pilkades yang insya Allah akan terselenggara satu bulan kemudian.

Waktu yang terus mendekat dan kesempatan yang harus diperjuangkan telah membuat masing-masing dari saudara-saudara bekerja sangat ekstra dan penuh dedikasi. Kami percaya dan bangga bahwa diantara kita telah menyatu dan alhamdulillah semuanya bekerja penuh perhitungan meskipun berhadapan dengan tantangan yang tidak ringan. Hal tersebut sangat meyakinkan bagi kami bahwa diantara orang-orang yang kami percaya tidak terdapat orang-orang yang bermuka dua.

Sebelumnya kami dihadapan beliau Bapak ... sebagai calon yang kita dukung pernah kami sampaikan bahwa apabila orang-orang yang sengaja kami tempatkan di wilayah-wilayah basis diketahui bermuka dua atau bahkan menjadi sumber informasi yang dimanfaatkan calon lain maka kami dan kita harus sepakat untuk tetap menerima kehadirannya, kita harus tetap damai dan tidak tergesa untuk saling menuduh sebelum ada bukti yang mendukung, namun Peran pengganti kita mencari orang-orang yang benar-benar mampu dipercaya untuk membawa amanat Sang Calon Kepala Desa.

Memang pada saat-saat seperti ini di kampung-kampung kita banyak muncul orang-orang yang bermuka dua, namun demikian kita tidak perlu menghadapinya dengan sikap-sikap yang kurang terpuji. Kita jangan terjebak sebab itulah politik. Untuk menghadapi situasi dengan orang-orang seperti ini kita juga telah terlebih dahulu menempatkan beberapa tim yang terorganisir dalam empat kelompok Tim Sukses. Tujuannya adalah untuk menuju pada pencapaian kemenangan pada calon Kades kita ini antara lain :

1.
Tim Sukses Rahasia
2.
Tim Sukses Bayangan
3.
Tim Sukses umum

Dari ketiga Tim Sukses yang telah kami bentuk antara satu orang dengan yang lain dimungkinkan tidak saling mengenal meski satu wilayah dengan kita, bahkan mungkin tetangga terdekat di tempat saudara-saudara. Namun demikian apa yang harus dilakukan pada dasarnya seperti tugas yang kami berikan terhadap saudara-saudara, dan mohon ma’af apabila orang-orang ini sengaja kami tempatkan dibalik layar agar mereka bekerja lebih strategis dan sudara-saudara merasa tidak terganggu dengan pekerjaan yang sama dalam menguasai peta kemenangan secara luas.

Kami tidak membedakan antara Tim Sukses dibalik layar dengan Tim Sukses yang nyata karena tanggungjawab dan kepentingannya tetap sama seperti saudara-saudara. Yang membedakan barangkali cara kerja dalam meraih suara untuk kemenangan calon Kades dengan cara jujur dan sukses. Ingat kerja Tim kita adalah ramah, meyakinkan dan tidak melakukan tindakan anarkis yang akan mencoreng nama baik desa kita.

Terima kasih atas kerjasama yang baik. Semoga Tuhan meridlai. Setelah sambutan ini selanjutnya kami mohon laporan dari masing-masing Tim tentang berbagai kendala yang dihadapi di lapangan, dan laporan seberapa persenkah wilayah-wilayah yang menjadi peta kemenangan di setiap RT/RW.

Akhirnya kami akhiri

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Kesembilan


SAMBUTAN CALON KADES DI HADAPAN
ORGANISASI REMAJA


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah ...

YTH
: Sdr Ketua Ikatan Remaja Masjid ...

: Para pembina

: Serta semua yang hadir di majlis yang mulia

Pertama-tama kami Panjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah swt, karena pada malam hari ini kami beserta rombongan dapat bertatap muka dan bersillaturahim dengan sdr Rekan-Rekanita Remaja Masjid ...
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Junjungan Nabi Kita Muhammad saw, beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Seperti rekan dan rekanita ketahui bahwa insya Allah pada tahun ini kami akan mencalonkan maju dalam pemilihan Kepala Desa periode ... niat tulus ini tidak serta merta karena menganggap kami merasa yang paling bisa. Ini adalah ikhtiar kami ketika dulu saat kami masih duduk di bangku SMU terlintas di pikiran kami memiliki cita-cita ingin menjadi Kepala Desa di mana kami dan orang tua kami dilahirkan.

Secara jujur bekerja sebagai Kepala Desa mungkin bagi kami kurang menguntungkan dari segi materi, karena kami yakin Rekan dan Rekanita sudah memahami upah yang harus diterima oleh seorang Kepala Desa.

Dari berbagai pertimbangan segi materi bagi kami bukanlah tujuan utama, namun dibalik cita-cita tersebut ada sisi mulia yang dapat kita ambil sebagai penyemangat hati.

Pertama, Kepala Desa adalah pelayan masyarakat. Kami mungkin akan merasa menjadi pemimpin yang baik apabila mampu melayani masyarakat dalam hal-hal yang positif, karena dengan demikian kami mampu mengabdi untuk desa yang tercinta ini.

Kedua, syarat untuk maju menjadi calon Kepala Desa tidak serumit yang kami bayangkan, dan hal tersebut menjadi dorongan kami untuk maju di Pilkades tahun ini.

Ketiga, untuk mengabdi kepada Nusa dan Bangsa memang tidak harus menjadi Kepala Desa, namun apabila pemikiran-pemikiran tersebut muncul pada generasi seperti anda, maka kami yakin anda akan berhenti untuk bercita-cita seperti kami.

Keempat, remaja sebagai kekuatan masa depan di wilayah kita ini memiliki harapan yang cerah dan proses berfikir yang hebat, dan hal tersebut akan sangat berarti bagi kami ketika harapan dan pemikiran anda dapat kami perjuangkan untuk kemajuan desa kita.

Kelima, apabila kami dapat membawa dan menyuarakan harapan dan keinginan remaja di Desa yang tercinta ini kelak, maka pertemuan ini akan menjadi sangat berharga bagi kami, apabila dukungan remaja merupakan  doa yang berharga pula bagi kami dalam mengikuti Pemilihan Kepala Desa selanjutnya.

Keenam, setiap calon Kepala Desa memiliki Visi dan Misi. Antara visi dan misi keduanya harus berjalan seimbang dan benar-benar dibuktikan. Oleh karena itu setelah sambutan singkat ini selesai, kami akan membuka dialog dan pengenalan kami atas visi dan misi yang kami usung dalam Pilkades nanti.

Kami yakin bahwa kehadiran kami bukan yang pertama, karena di Desa kita insya Allah ada ... calon / kandidat yang akan mengikuti kegiatan Pilkades. Kita tidak mengerti dan tahu siapa yang dikehendaki Allah akan memimpin desa kita kelak. Apa yang kami lakukan adalah merupakan ikhtiar kami dalam mengenalkan / ta’aruf atas diri kami kepada semua warga desa ...

Demikian sambutan singkat ini. Untuk selanjutnya kami akan membuka dialog dengan pemaparan visi dan misi kami. Namun sebelum kita buka sesi dialog kami ucapkan terima kasih atas perhatian semua remaja di forum ini.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Contoh Kesepuluh

SAMBUTAN KADES TERPILIH
DALAM PERKENALAN SAMBUT LEPAS

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah ...

YTH
: Bapak Camat ...

: Bapak Kepala Desa Periode ...

: Para Kaur Staf Pemerintahan Desa ..

: Ketu RT/RW beserta Pengurus

: Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama

: Para Ketua Organisasi Kemasyarakatan Desa ..

: serta hadirin yang tidak kami sebut satu persatu
Semua Yang kami Hormati

Puji syukur kami sampaikan atas limpahan taufiq dan hidayah_Nya, sehingga pada hari ini, tepatnya tanggal ... kami dapat bertatap muka dengan saudara-saudara dalam Lepas Sambut serta perkenalan kami sebagai Kepala Desa Desa ... periode ... setelah sebelumnya masa kepemimpinan dijabat oleh beliau Bapak ...

Kehadiran dan keberadaan kami di tengah-tengah saudara-saudara adalah bagian dari tanggungjawab kami, setelah sebelumnya kami telah melakukan perjuangan dalam niat ikhlas kami untuk maju dalam pencalonan Kepala Desa Periode ... Dan alhamdulillah atas perhatian serta dukungan Warga Masyarakat Desa ... harapan kami dikabulkan oleh Allah swt.

Keberhasilan kami maju dalam pencalonan Kades Desa ... semata-mata bukan terjadi dengan jerih payah kami sendiri. Keberhasilan yang telah kami terima adalah juga karena suport dorongan serta dukungan yang baik dari saudara-saudara. Apalah artinya keberadaan kami di tengah-tengah hadirin, apabila di kemudian hari kehadiran kami tidak memiliki arti apa pun.

Terhadap sahabat-sahabat kami yang telah duduk sejajar dalam pencalonan Kepala Desa, namun belum mewakili harapan yang ada, sekali lagi kami minta ma’af dan salam hormat penuh, apabila kami mendahului setiap harapan dari setiap keinginan. Kami tetap mengajak dan berharap untuk terus meningkatkan persahabatan, tukar pendapat dan tetap bekerjasama dalam peningkatan program-program pembangunan di Desa yang tercinta ini.

Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh Warga masyarakat Desa ... baik yang mendukung kami maupun yang belum mendukung kami, sehingga keinginan dan harapan untuk mengabdi kepada Desa tercinta ini dapat terwujud. Dalam melanjutkan pembangunan serta Pemberdayaan masyarakat Desa dalam berbagai sektor, tentu membutuhkan perhatian dari berbagai pihak dan kebersamaan. Untuk itu sekali lagi kami tidak akan membedakan warga yang mendukung pencalonan kami maupun masyarakat yang tidak mendukung kami. Semua kami anggap sebagai warga kami. Warga yang harus mendapatkan perhatian penuh. Prioritas kami berikan untuk semua warga kami, tanpa membeda-bedakan sebab semua ini telah menjadi tanggungjawab kami di dalam mengayomi serta memperhatikan harapan-harapannya.

Kepada seluruh pemerintahan lingkungan RT/RW, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Remaja, Lembaga pendidikan serta tokoh masyarakat dan agama dan lembaga-lembaga lain yang mendukung program percepatan pembangunan desa, agar selanjutnya terus meningkatkan kerjasama dengan Pemerintahan Desa serta diharapkan mampu menjadi Agent of Change, dalam mempelopori setiap kegiatan positif dan bermartabat dalam kemajuan Desa yang tercinta ini.

Hadirin yang kami hormati

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami juga ingin menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada beliau Kepala Desa Bapak ... yang telah menyelesaikan tugas-tugas pemerintahan dengan prestasi baik, mudah-mudahan kami dapat melanjutkan program dan harapan masyarakat sebagaimana yang telah dilakukan beliau. Insya Allah kami akan terus belajar menjadi yang terbaik serta amanah dalam tugas-tugas pemerintahan.

Selamat kepada beliau bapak ... yang telah mengabdi dan berbakti untuk seluruh warga masyarakat desa ... semoga jerih payah perjuangan bapak mendapatkan balasan pahala dari Allah. Perjuangan bapak insya Allah akan senantiasa dikenang oleh warga masyarakat desa ...

Berbagai saran dan pendapat yang positif akan kami tampung sebagai bahan pemikiran dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan agar hal tersebut menjadi kontrol kerja kami dalam pantauan warga masyarakat.

Akhirnya semoga Tuhan Yang maha Esa membimbing kami dalam melaksanakan amanah rakyat demi kemajuan desa. Segala kekhilafan dan kekurangan kami minta ma’af yang sebesar-besarnya.

Billahittaufiq Wal Hidyah
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb


Demikian sekilas tentang visi dan misi calon Kepala Desa. Anda tertarik dengan visi dan misi calon Kades ...  tentukan sendiri pilihan anda sesuai hati nurani. Jangan terprovokasi oleh omongan orang lain, apalagi sampai diiming-imingi uang, uang dan uang.







Sekedar Contoh
Nonton Pilkades



There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter