tips sehat puasa bagi lansia

Primbon-arti.blogspot.com

Ramadhan 2013 tinggal menghitung hari, kegiatan puasa selama sebulan penuh pun wajib dilakukan oleh umat Islam, tanpa terkecuali bagi orang berusia lanjut (lansia) yang sehat.

Menurut Dokter Purwita Wijaya Laksmi, Konsultan Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, pasien lansia atau pasien geriatri yang stabil kondisi fisiknya boleh menjalankan ibadah puasa.

http://primbon-arti.blogspot.com/2013/06/tips-sehat-puasa-bagi-lansia.html
tips sehat puasa

Tapi bagi lansia atau pasien geriatri yang sedang mengalami penyakit akut, dan yang belum atau tidak terkontrol penyakitnya, tidak dianjurkan berpuasa,” ungkap Purwita dalam diskusi Ibadah berkualitas selama puasa tanpa gangguan penyakit, yang diadakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di Jakarta, Senin (9/7).

Menurut Purwita, ada beberapa kiat-kiat berpuasa bagi lansia:
  • Konsumsi cairan air putih yang cukup, sekitar 8-10 gelas. Caranya, 1 gelas saat bangun tidur, 1-2 gelas setelah sahur, 1 gelas setelah berbuka, 1-2 gelas saat makan malam, 1-2 setelah salat tarawih, dan 1-2 gelas menjelang tidur malam.
  • Dianjurkan mengonsumsi jus buah, tapi tidak dianjurkan banyak minum teh saat sahur.
  • Kebutuhan kalori yang mengandung zat gizi seimbang sesuai kebutuhan individu, harus terpenuhi seperti bila tidak sedang berpuasa.
  • Pola makan yang dianjurkan: 40% Kalori saat sahur, 50% kalori saat berbuka puasa (makanan ringan sebelum salat Magrib, dan makanan besar setelah Magrib). Kemudian 10% kalori setelah salat Tarawih.
  • Ketika sahur dianjurkan mengonsumsi jenis makanan yang lebih lama dicerna dan tinggi serat.
  • Dianjurkan untuk membatasi makanan berlemak atau digoreng. Serta tidak ‘balas dendam’ saat berbuka.
  • Tetap melakukan aktivitas fisik secara wajar dan cukup istirahat.
  • Obat-obatan yang harus dikonsumsi, tetap diminum dengan jadwal disesuaikan pada saat sahur dan berbuka, sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Tetap memonitor kesehatan sebelum, selama, dan sesudah berpuasa. (JIBI/aw)
cukup sekian informasi seputar tips sehat puasa bagi lansia , puasa adalah hal indah untuk dilaksanakan semua kalangan tidak terkecuali para lansia. untuk jadwal puasa 2013, menu buka puasa yang enak dan sehat , tips buka puasa akan kami hadirkan dipertemuan ke depan.

Terimakasih
Primbon-arti.blogspot.com 

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter