9. Bangunan Bangunan Unik dan Terindah

Kali ini... Gue bakal bawa para pembaca keliling....... dunia..                                                                         Cekidoooottttt

  9. Westminster Palace (London, Inggris) 

 

800px-London_Parliament_2007-1

Istana Westminster atau House of Parliament dulunya adalah istana para raja-raja Inggris yang kini beralih fungsi sebagai gedung parlemen. Dinamakan Istana Westminster karena letaknya yang berdekatan dengan gereja Westminster Abbey. Istana yang asli dibangun pada abad ke-11 di tepi Sungai Thames yang membelah London. Sayangnya, bangunan asli musnah pada kebakaran hebat sebanyak dua kali pada 1512 dan 1834. Bangunan yang bisa kita lihat sekarang sebenarnya adalah rekonstruksinya yang dirancang oleh Charles Barry dengan gaya arsitektur Gothic Revival.

Batu pertama gedung parlemen ini diletakkan pada 1840. Terdapat dua menara pada bangunan ini, yaitu Menara Victoria dan Menara Elizabeth. Namun pada perkembangan selanjutnya, popularitas Menara Elizabeth atau yang lebih dikenal dunia sebagai menara jam Big Ben mengalahkan gedung parlemen itu sendiri.

382px-Big_Ben_2007-1400px-Victoria_Tower_from_Old_Palace_Yard      

8. Philadelphia City Hall (Philadelphia, Amerika Serikat)

001philadelphia

Balai kota Philadelphia mungkin adalah balai kota terindah di dunia. Bangunan yang dibangun pada tahun 1901 itu sebenarnya dirancang oleh arsiteknya, John McArthur Jr. untuk menjadi bangunan tertinggi di dunia saat itu. Namun sayangnya bangunan setinggi 157 m ini keburu dilangkahi oleh Menara Eiffel. Di puncak menara jam gedung ini terdapat patung dari pendiri kota Philadelphia, yaitu William Penn.

93261034


philadelphia 


                                           

dimalam hari jalan menuju Philadelphia City Hall banyak diterangi lampu jalanan sehingga menambah suasana menjadi lebih indah.

 



7. Mezquita de Cordoba, Cordoba


Mezquita atau Masjid Cordoba adalah katedral yang sebelumnya adalah sebuah masjid. Selesainya pembangunan kompleks katedral mengambil lebih dari dua abad. pilar lengkung dengan warna belang-belang, mosaik mempesona dan baris tak terbatas yang terbuat dari onyx dan marmer adalah beberapa alasan mengapa kita harus berhenti untuk tempat ini.

 

 

 

 

 

 

 

6. Neues Rathaus, Munich, Jerman 

044s6_t

Neues Rathaus atau dalam bahasa Jerman berarti “Balai Kota Baru” terletak di wilayah pusat kota Munich, Bavaria, yaitu Marienplatz. Dinamakan demikian karena gedung ini dibangun untuk menggantikan balai kota yang lama. Bangunan bergaya Gothic Revival ini dibangun oleh Georg von Hauberrisser selama kurun waktu 1867 -1907 dan merupakan atraksi turis nomor satu di kota Munich. 

 

 

5. Istana Himeji, Jepang

Istana Himeji adalah sebuah istana yang terletak di kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Menurut pembagian provinsi zaman dulu, istana ini terletak di Harima-no-kuni, Shikito-gun, Himeji. Pesona keindahan plesteran berwarna putih yang mendominasi tembok-tembok istana menjadikan Istana Himeji mempunyai sebutan lain "istana burung kuntul putih".Istana Himeji merupakan salah satu contoh peninggalan arsitektur istana dari awal abad ke-17 yang paling penting.



4. Istano Baso


Istano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kotaBatusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika dari yang asli. Istano Basa asli terletak di atas bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Proses pembangunan kembali Istano Basa dilakukan dengan peletakan tunggak tuo (tiang utama) pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu, Harun Zain. Bangunan baru ini tidak didirikan di tapak istana lama, tetapi di lokasi baru di sebelah selatannya.. Pada akhir 1970-an, istana ini telah bisa dikunjungi oleh umum.

 3. Austrian Parliament Building (Vienna, Austria)
 
image


 Bangunan megah ini dibangun oleh arsitek Theopil Edvard Hansen dari tahun 1874-1883. Saking terkesannya raja Austria saat itu dengan keindahan bangunan ini, sang raja langsung menganugerahkan gelar kebangsawanan yaitu Baron kepada sang arsitek.
Gedung parlemen Austria ini menerapkan gaya arsitektur Classic Revival sehingga sekilas mirip kuil-kuil Yunani zaman dulu. Terlebih lagi adanya air mancur Pallas-Athena di depannya yang menggambarkan figur Athena, Dewi Kebijaksanaan


                 2. Opalocka City Hall (Florida, Amerika Serikat)
 
800px-Opalockacityhall
 Eits, gedung ini bukan balai kota yang terdapat di Arab lho, melainkan berada di Miami, Amerika Serikat. Balai kota ini memang unik, sebab walaupun berada di negara Barat, namun menggunakan gaya arsitektur Moorish Revival ala Timur Tengah.

Masjidil Haram

1. Al-Masjid al-Harām
 
Al-Masjid al-Harām atau Masjidil Haram adalah sebuah masjid di kota Mekkah, yang ditengah-tengahnya terdapat bangunan Ka’bah. Merupakan tempat tersuci yang ada di dunia bagi umat Islam. Setiap tahunnya berjuta – juta muslim dari seluruh penjuru dunia berdatangan terutama untuk melaksanakan rukun islam yang ke 5, haji. Masjid ini adalah kiblat sholat. Jadi, jika di masjid – masjid yang lain semua berbaris menghadap ke satu arah yaitu ke kiblat, lain halnya dengan di Masjidil Haram. Orang – orang yang sholat di sini tinggal mengelilingi ka’bah, maka itulah kiblatnya. Masjid besar ini memiliki 9 menara dan telah mengalami banyak renovasi dan ekstensi yang dilakukan oleh otoritas masjid selama bertahun-tahun. Karena kemegahan dan nilai keagamaan yang begitu kuat, masjid ini layak untuk menjadi yang nomer 1.

Nah.. gimana? enak gak diajak keliling dunia?? heheh kan GRATISS :D
kapan kapan lagi ya.. kita keliiiiiliing dunianya.. bye...

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter