Kamis, 22 Agustus 2013

Ilmuwan Temukan Gambar Peta Dunia Di Kulit Telur

Tags


Peneliti menulis dalam edisi laporan ilmiah terbaru, The Portolan, mengungkap sebuah objek unik yang merupakan bola dunia (globe) tertua di dunia. Peneliti meyakini bahwa ukiran bola dunia kecil ini menunjukkan penanggalan waktu ke awal era 1500-an masehi.

Dilansir Softpedia, Jumat (23/8/2013), peta tersebut diukir pada dua bagian dari kulit telur burung unta. Gambar tersebut menunjukkan peta dunia beberapa abad lalu.

Bola dunia kecil ini tampak lebih tua ketimbang Hunt-Lenox Globe, yang banyak dianggap sebagai bola dunia tertua yang menunjukkan New World (dunia baru). Kulit telur burung unta ini diyakini berusia ratusan tahun lalu dan dipahat di Florence, Italia.

Peneliti percaya bahwa sang pembuat ukiran kuno ini banyak dipengaruhi oleh Leonardo da Vinci. Globe mungkil ini mengungkap pengetahuan tentang dongeng penjelajah Christopher Columbus dan Amerigo Vespucci.

"Ini adalah penemuan besar dan kami senang untuk menjadi mendorong untuk pengumuman ini," ungkap editor The Portolan, Tom Sander. Kabarnya, bola dunia dari kulit unta ini pernah dibeli oleh seseorang di 2012 di London Map Fair dan sebelumnya pernah disimpan sebagai koleksi pribadi di Eropa. Namun, kejelasan mengenai sejarah kepemilikan benda unik ini tidak jelas.

Bola dunia menggambarkan tulisan Latin, menampilkan kapal kuno, monster, gelombang dan seorang pelaut yang terdampar serta 71 penamaan lokasi. "Ini mungkin merupakan (penggambaran) awal dunia, yang menarik dalam benda ini sendiri," pungkas John Hessler, Geography and Map Division di Library of Congress.


Sumber : Okezone

Artikel Terkait