Rabu, 25 September 2013

Gempa Kuat Di Pakistan Memunculkan Sebuah Pulau Baru

http://resep-buat.blogspot.com/
Sebuah pulau baru yang dijuluki "Mud Volcano" oleh para ilmuwan tiba-tiba muncul dari dalam laut di lepas pantai Pakistan setelah gempa besar melanda wilayah itu.

BBC melaporkan bahwa setidaknya 238 orang meninggal di wilayah pegunungan sebelah barat daya Pakistan pada hari Selasa, ketika gempa 7,7 skala Richter melanda negara itu.Gempa terjadi di wilayah Balochistan Pakistan.

Gempa itu juga dirasakan hingga New Delhi,ibu kota India di mana beberapa bangunan terguncang. Hal ini menyebabkan sebuah pulau baru muncul dari laut, di lepas pesisir selatan Pakistan.

Stasiun televisi di wilayah tersebut merupakan yang pertama melaporkan kemunculan pulau kecil itu yang berjarak sekitar 600 meter (meter) dari pantai Gwadar Pakistan di Laut Arab.NBC News melaporkan bahwa John Armbruster, seorang ahli seismologi di Lamont Doherty Earth Observatory di Columbia University, menyebut pulau itu sebagai “mud volcano". 

Hal ini mungkin jet lumpur, pasir dan air yang menyembur ke permukaan laut setelah gempa bumi. Nidhi Subbaraman dari NBC News menulis:

"Pergeseran lapisan pasir yang dipadatkan dan menekan air,sehingga menyembur ke atas , Membawa lumpur dan pasir bersama dengan itu".Pulau kecil tiba-tiba biasanya terlihat setelah gempa bumi kuat, setidaknya gempa yang memiliki skala 7 - 8 skala Richter.

http://resep-buat.blogspot.com/
Pulau baru muncul dari dasar laut di wilayah Balochistan, Pakistan tanggal 26 November 2010 yang juga di bentuk oleh "Mud Volcano"(kiri) .Gambar di kanan menunjukkan tempat yang sama sekitar satu tahun sebelumnya.


Bumi bersifat dinamis,dan kadang-kadang pulau baru sering muncul.Gambar di atas diambil dari tahun 2010, ketika sebuah pulau muncul di Laut Arab di lepas pantai selatan Pakistan.Penduduk yang lebih tua dari kota pesisir Gwadar, Pakistan mengatakan kepada NBC News bahwa gempa tahun 1968 menghasilkan sebuah pulau yang tinggal selama satu tahun dan kemudian menghilang.Namun sebelumnya, gempa bumi di wilayah yang sama di tahun 1940 menghasilkan sebuah pulau yang cukup kuat untuk menopang orang berjalan diatasnya namun pulau itu hanyut beberapa minggu kemudian.

Artikel Terkait