Kamis, 12 September 2013

Hewan Laut Ini Memiliki Warna Seperti Alien


Instruktur penyelam asal Inggris mendapat gambar unik dari berbagai jepretan yang ia lakukan di kedalaman perairan Thailand dan Filipina. Ia memotret menggunakan kamera khusus dan menghasilkan gambar biota bawah laut yang berbeda dengan aslinya.

Penyelam asal London bernama Alex Tyrrell terkejut ketika ia mendapatkan hasil foto yang berbeda dengan apa yang ia potret pada aslinya. Alex menggunakan tambahan cahaya ultra violet (UV) dan filter bercahaya biru pada kameranya untuk menghasilkan efek yang unik pada gambar.

Hasilnya, hewan laut seperti belut laut, kepiting, dan koral menghasilkan warna yang sangat terang. Warna yang mendominasi adalah hijau terang seperti warna ilustrasi alien yang sering digambarkan pada film fiksi ilmiah. Selain hijau, warna lain yang muncul adalah merah dan kuning menyala.

Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Rabu (11/9/2013), warna asli bota laut ini hanya kebanyakan coklat redup dan krem. Namun hasil foto memperlihatkan hal yang berbeda.

Alex tertarik pada satu hal yang dianggapnya unik. Ia memotret sejenis ikan yang bersisian dan hasil foto mengungkapkan warna kedua ikan tersebut berbeda satu sama lain.

"Saya memotret dua jenis ikan yang sama secara bersisian, dan salah satu di antaranya menghasilkan warna terang sedangkan yang lain tidak. Mungkin ini adalah bukti bahwa mereka bisa menyalakan dan mematikan warna spesialnya. Yang bisa jadi sebuah komunikasi antar biota," kata Alex berpendapat.

Artikel Terkait