Khasiat dan Manfaat Teh Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Teh Untuk Kesehatan Tubuh - Siapa yang tidak kenal dengan teh, salah satu tanaman yang bisa dibuat untuk menjadi minuman yang sangat sehat untuk tubuh kita. Teh berasal dari daun pucuk teh, biasanya pohon teh sendiri tumbuh di daerah pegunungan berhawa dingin. Teh yang berasal dari tanaman teh sendiri terdiri dari empat macam teh, seperti teh hitam, teh hijau, dan teh putih. Tapi apakah tanaman ini menyimpan khasiat teh yang sangat sehat baik untuk tubuh kita? Tentu saja teh memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat Teh


Biasanya kita menemukan teh dalam dua bentuk minuman, seperti teh panas atau teh dingin. Teh dingin sendiri lebih nikmat apabila disajikan menjadi teh manis. Khasiat teh bisa didapatkan karena memiliki banyak kandungan yang sangat baik bagi kesehatan, seperti misalnya kandungan kafein, antioksidan, teofilin dan karnohidrat atau protein yang mendekati nol persen. Semua kandungan tersebut bisa memberikan khasiat teh yang baik bagi kesehatan. Lalu apa saja khasiat teh tersebut? Di bawah ini kita akan ulas khasiat teh untuk semua para pembacanya.
Khasiat Teh Untuk Kesehatan Tubuh

1. Teh dapat membantu tubuh kita untuk melawan radikal bebas, karena teh tinggi akan oksigen yang dapat mampu menyerap radikal bebas. Jika tubuh kita terkena radikal bebas maka akan menyebabkan kanker, penyakit jantung dan degenaritf saraf.

2. Para ilmuwan telah melakukan penelitian bahwa catechin atau antioksidan dalam ekstrak teh hijau dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Dengan hal tersebut maka khasiat teh akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

3. Berdasarkan hasil sebuah studi, senyawa yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu para penderita diabetes untuk memproses gula lebih baik lagi, sehingga khasiat teh akan sangat baik untuk membantu orang dengan diabetes tipe 2.

4. Teh memiliki kandungan epigallocatechin dan epicatechin yang merupakan beberapa varian dari catechin. Catechin yang terkandung dalam teh tersebut akan sangat baik untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah dan juga dapat meningkal radikal bebas. Selain itu, catechin juga dapat mengurangi resiko untuk terserang penyakit kardiovascular.

5. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan di Jepang dan Taiwan, unsur Catechin yang ada pada teh telah terbukti sangat memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

6. Catechin dalam teh juga akan memberikan khasiat teh yang dapat mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah. Selain itu juga dapat mempercepat pembuangan kolesterol melalui feses.

7. Teh juga memiliki kandungan Flouride yang cukup tinggi, dengan kandungan tersebutdapat membantu mencegah tumbuhnya karied pada gigi dan juga khasiat teh dapat memperkuat gigi.

8. Kandungan catechin dalam teh memberikan banyak khasiat teh pada tubuh. Seperti halnya dapat menghambat terjadinya mutasi pada sel-sel tubuh dan menetralisir radikal bebas yang ada pada tubuh.

9. Teh memiliki kandungan jenis kafein yang cukup berbeda dengan kopi. Dengan hal tersebut maka teh dapat merangsang sistem syaraf tubuh dan membuat pengambilan oksigen ke dalam tubuh menjadi lancar.

Khasiat teh di atas merupakan khasiat teh yang biasa ditemukan pada umunya dan hanya baru beberapa saja. Mungkin tanpa kita sadar atau jika kita mendalaminya khasiat teh yang lainnya akan kita dapatkan. Apalagi teh ini dapat dinikmati kapanpun dan dimana pun, saat bersantai dan berkumpul bersama keluarga pastinya akan lebih nikmat.

Khasiat Teh


Itulah tadi sedikit ulasan mengenai khasiat teh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Semoga saja khasiat teh ini akan sangat bermanfaat untuk siapapun para pembacanya, dan terima kasih telah membaca ulasan mengenai khasiat teh.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter