Kamis, 19 September 2013

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan - Untuk orang Indonesia pasti tidak asing lagi dengan salah satu jenis tanaman yang satu ini, yaitu sirih. Bisa dikatakan sirih merupakan tanaman asli Indonesia, dan tumbuhnya dengan cara merambat atau bersandar diantara batang pohon yang lainnya. Sirih biasanya diidentikan dengan obat-obatan tradisional, dan memang tidak bisa dipungkiri khasiat sirih sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan


Khasiat sirih bisa didapatkan karena sirih memiliki banyak kandungan bermanfaat yang tersimpan di dalamnya. Seperti halnya sirih mengandung minyak atsiri yang terdiri dari minyak terbang, pati, diatase, seskuiterpen, zat samak dan gula. Selain itu sirih juga memiliki kandungan kavikol dan sangat baik untuk membunuh kuman. Dengan semua kandungan tersebut khasiat sirih tidak bisa dipungkiri lagi untuk bisa kita dapatkan dan menjaga kesehatan tubuh kita. 
Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Akan tetapi, sebenarnya apa saja manfaat sirih tersebut? Dan dalam kesempatan kali ini kami pun akan memberikan ulasan mengenai khasiat sirih yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Tanpa perlu berbicara banyak lagi, lebih baik langsung kita simak khasiat sirih dibawah ini.

1. Mengatasi Mimisan
Telah diketahui oleh banyak orang bahwa khasiat daun sirih dapat mengtasi mimisan, caranya hanya cukup ambil 1 atau 2 lembar daun sirih lalu kemudian cuci sampai bersih. Memarkan daun sirih dan gulung sampai pas untuk disumbatkan di hidung yang terkena mimisan.

2. Mengatasi Batuk
Jika terserang batuk lebih baik mencoba daun sirih untuk mengobatinya, caranya rebus 10-15 lembar daun sirih, kemudian biarkan air rebusan daun sirih tersebut menjadi dingin. Campurkan dengan madu ataupun dengan gula agar lebih manis saat diminum.

3. Mengatasi Jerawat
Khasiat sirih sangat baik untuk menyembuhkan jerawat, caranya ambil 8-10 lembar daun sirih. Cuci sampai bersih, kemudian bisa diremas atau ditumbuk kasar dan seduh dengan menggunakan air panas. Setelah itu, gunakan seduhan air panas daun sirih tersebut untuk membasuh muka. Cara ini bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam sehari.

4. Menghilangkan Bau Badan
Jika kita memiliki masalah dengan yang namanya bau badan, maka khasiat daun sirih juga baik untuk menghilangkan bau badan. Caranya, ambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air. Ketika air telah berkurang satu gelas, seduh kembali. Rebusan air daun sirih tersebut diminum saat siang hari agar manfaatnya dapat terasa.

5. Mengobati Koreng Dan Gatal-gatal
Khasiat sirih juga sangat baik untuk mengobati koreng dan juga gatal-gatal. Caranya, ambil 15-20 lembar daun sirih, lalu cuci sampai bersih dan kemudian rebus. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mandi selagi hangat, atau bisa juga dengan hanya membasuh saja yang terkena gatal.

6. Mengobati Luka Bakar
Untuk mengobati luka bakar bisa juga dengan menggunkan sirih. Caranya sangat mudah, ambil beberapa lembar daun sirih lalu kemudian cuci dan peras airnya. Tambahkan sedikit madu danoleskan di kulit yang terkena luka bakar.

7. Mengatasi Bronkitis
Jika terserang bronkitis maka bisa diatasi dengan daun sirih. Caranya mudah, cuci sampai bersih 7 lembar daun sirih kemudian rebus bersama dengan sepotong gula batu dan dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum air rebusan daun sirih tersebut sehari tiga kalimasing masing sepertiga gelas.

Di atas merupakan ulasan dari khasiat sirih pada umumnya. Sebenarnya khasiat dan manfaat sirih yang lainnya juga masih banyak, seperti halnya dapat mengobati keputihan, mengobati sariawan, menghentikan gusi berdarah, menghilangkan bau mulut dan masih banyak lagi.

Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan


Itulah tadi sedikit ulasan mengenai manfaat dan khasiat sirih yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga saja ulasan tentang khasiat sirih ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya dan terima kasih telah membaca ulasan mengenai manfaat dan khasiat sirih.

Artikel Terkait