Jumat, 13 September 2013

Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan - Indonesia memang memiliki berbagai macam jenis rempah-rempah yang kaya akan khasiat dan manfaat. Seperti halnya kunyit yang merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bahan masakan seperti gule dan yang lainnya. Namun, ternyata selain bahan masakan manfaat dan Khasiat Kunyit juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat Kunyit


Khasiat kunyit bisa didapatkan karena kunyit banyak memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh kita, seperti kandungan senyawa yang disebut dengan kurkuminoid dan terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin. Tidak hanya itu, kunyit juga masih memiliki kandungan lainnya, seperti minyak atsiri, karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor dan yang lainnya. Semua kandungan tersebutlah yang memberikan manfaat kunyit dan sangat baik untukl kesehatan tubuh kita.
Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Lalu seperti apa saja khasiat kunyit tersebut? Hari ini kami akan membahasnya, dan tanpa perlu panjang lebar lagi di bawah ini kami akan memberikan ulasan tentang Khasiat Kunyit yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mengurangi Resiko Aterosklerosis
Kandungan zat yang terkandung dalam kunyit dipercaya memang bisa mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat, sehingga hal tersebut akan mencegah penumpukan kolesterol yang ada pada dinding pembuluh darah dan dapat menyebabkan aterosklerosis.

2. Mencegah Penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer bisa disebabkan oleh peradangan yang terjadi di otak. Dan beberapa penelitian menunjukan bahwa kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga jika mengkonsumsi kunyit maka khasiat kunyit yang didapatkan adalah otak akan terlindung dari resiko penyakit Alzheimer.

3. Anti Kanker
Kurkumin yang ada dalam kunyit merupakan antioksidan dan dapat mencegah kerusakan juga mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu kandungan kurkumin juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker terutama kanker payudara, kanker usus, kanker perut, kanker paru-paru dan juga kanker kulit.

4. Menstimulasi Pencernaan
Dengan adanya kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu proses pencernaan serta mengurangi gejala kembung. Namun orang yang memiliki penyakit kandung empedu sebaiknya tidak menggunakan kunyit sebagai suplemen karena dapat memperburuk kondisi.

5. Mengurangi Resiko Diabetes
Khasiat kunyit yang didapat dari kandungan kurkumin di dalamnya dapat mengurangi resistansi insulin. Karena hal tersebut maka kandungan kadar glukosa darah dapat dikendalikan sehingga resiko untuk terserang diabetes tipe 2 pun akan berkurang.

6. Mengobati Radang Sendi
Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit memberikan khasiat anti-inflamasi atau anti-radang, dengan hal tersebut maka radang sendi akan terobati. Ekstrak kunyit sendiri banyak tersedia sebagai obat radang sendi dalam bentuk kapsul.

7. Menyembuhkan Luka
Khasiat kunyit dapat didapatkan dari kandungan bahan anti-septik dan bahan anti-bakteri yang terkandung di dalamnya. Dengan kandungan tersebut maka kunyit sangat baik digunakan sebagai disinfektan untuk luka biasa ataupun luka bakar.

8. Mengurangi Resiko Anemia
Akibat kekurangan zat besi, maka tubuh kita akan mengalami anemia. Namun, kunyit kaya akan kandungan mineral zat besi, kandungan tersebut merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga resiko untuk terserang penyakit anemia pun akan berkurang.

Khasiat kunyit di atas merupakan sebagian besar dari khasiat kunyit. Tentu saja kunyit sendiri memiliki khasiat yang masih banyak lagi, seperti dapat mengobati penyakit tifus, mencegah panas dalam, mencegah sariawan dan masih banyak lagi. Selain itu manfaat kunyit juga sangat baik untuk kecantikan, seperti menghaluskan kulit dan menyehatkan rambut.

Khasiat Kunyit


Itulah tadi sedikit ulasan mengenai Manfaat dan Khasiat Kunyit yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, semoga saja ulasan tentang manfaat kunyit ini akan bermanfaat bagi semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca ulasan mengenai manfaat dan khasiat kunyit.

Artikel Terkait