Kamis, 07 November 2013

Ilmuwan Temukan Asteroid Aneh Yang Memiliki 6 Ekor

http://primbon-arti.blogspot.com/
Ilustrasi struktur asteroid P/2013 P5 dengan 6 ekor

Primbon-arti-Para astronom telah melihat sebuah fenomena aneh yang belum pernah terlihat di sabuk asteroid tata surya kita,yakni sebuah asteroid dengan 6 ekor.Memuntahkan debu dari intinya seperti semprotan air yang memancar dari alat penyiram kebun.

Para ilmuwan menggunakan teleskop Pan-STARRS 1 di puncak gunung berapi Maui Haleakala di Hawaii yang pertama kali mendeteksi asteroid berekor ini pada bulan Agustus. Mereka menyebutnya P/2013 P5 danmengatakan bahwa asteroid ini tampak kabur daripada asteroid yang khas, yang biasanya muncul sebagai titik cahaya kecil.Observasi yang lebih detail dan kuat dengan teleskop Hubble pada bulan September mengungkapkan gambaran yang lebih jelas bahwa asteroid ini memiliki 6 ekor seperti komet.

http://primbon-arti.blogspot.com/
Pandangan asteroid P/2013 P5 yang menunjukkan label semburan yang menampilkan perubahan selama 13 hari.


"Kami benar-benar tercengang ketika kita melihat itu," kata peneliti David Jewitt dari University of California di Los Angeles dalam sebuah pernyataan dari NASA."Bahkan lebih menakjubkan, struktur ekornya berubah secara dramatis hanya dalam 13 hari karena adanya sendawa debu itu.Kami sangat terkejut,sulit untuk percaya kita sedang melihat sebuah asteroid."


Dalam waktu antara observasi pertama Hubble pada 10 September dan observasi kedua pada tanggal 23 Sep,ekor asteroid ini tampaknya telah benar-benar berbalik.Jewitt mengatakan ia dan rekan-rekannya "benar-benar kaget" oleh temuan ini.

Ekor tampaknya telah terbentuk dari semburan dan tidak terbentuk sekaligus, itulah sebabnya mengapa para peneliti tidak berpikir mereka terbentuk dari hasil tabrakan dengan asteroid lain.

Sebaliknya, P/2013 P5 dapat menumbuhkan ekor debu setelah asteroid ini mulai berputar di luar kendali.Para peneliti menduga tekanan radiasi menyebabkan asteroid untuk mulai berputar lebih cepat dan lebih cepat sampai gravitasinya melemah dan tidak bisa lagi menjaga keutuhannya, mengirimkan material permukaan batu angkasa ini terbang di beberapa titik.

Meskipun melihat asteroid dengan 6 ekor adalah hal pertama bagi astronom,penelitian baru mengisyaratkan bahwa mungkin ada lebih banyak lagi asteroid seperti ini diluar sana."Dalam astronomi, di mana Anda menemukan satu,anda akhirnya akan menemukan banyak," kata Jewitt dalam sebuah pernyataan. "Ini hanyalah sebuah objek yang luar biasa bagi kita.

P/2013 P5 hanya kehilangan sebagian kecil dari massa, sekitar 100 sampai 1.000 ton debu, yang merupakan bagian kecil dari asteroid yang memiliki lebar 1.400 kaki (425 meter) ini,kata para ilmuwan.

Teleskop luar angkasa Hubble adalah proyek bersama antara NASA dan European Space Agency. Laporan yang lebih rinci dari temuan ini diterbitkan di Jurnal Astrophysical pada tanggal 7 Nov 2013.

Sumber : Bekerja sama dengan Primbon-arti

Artikel Terkait